adv

Rabu, 19 Januari 2011

harga astinet 2011

Kemaren saya kontak teman yang di astinet... setelah say hello dan apa kabar saya ingin menanyakan perkembangan harga astinet saat ini. harapan nya tahun baru harga baru tentunya dengan harga yang lebih murah.
ehhh coba tebak... harga astinet sekarang berapa hayo.... endak jauh berubah man.
harga astinet saat ini maish di angka 9 jt untuk 1 mbps gila bener nih astinet endk buth pelanggan kali. yang lain sudah turun besar besaran sampai angka 3-4 jt bahkan ada yang menawarkan sekitaran 2,5 jt astinet masih konsisten di angka 9 jt.
kalo ISP - ISP daerah mungkin akan agak sulit berkembang kalo bertahan dengan harga astinet. yang masuk akal mungkin beli ke telkom bukan astinet include internasional.
alternatif nya adalah membeli sendiri aja harga internet internasional di cyber kemudian di bawa sendiri ke daerah pakai mpls atau pakai ip transit lokal( vpn).
gambaran harga nya begini :
harga internet internasional di cyber : $ 100 - $ 150.
harga itu memang tergantung dari NAP yang menjual rata2 kalo NAP yang jual masih di angka 150 $ ke atas karena jaminan 1:1 yang di kasih dan tdk di share atau menjual over capacities.
sedangkan untuk menarik ke daerah bisa menggunakan mpls yang mungkin harga nya masih sekitar 2,5 jt/ mbps, sedangkan untuk ip transit ke iix dari telkom masih di jual dengan harga Rp 2 jt an.
jadi kalo di total harga jual di daeraha sebuah isp masih memungkinkan di anagka 3,5 jt / mbps.
tentu ISP atau warnet yang membeli dengan cara ini perlu memperhatikan partner yang menjual layanan internasiolnalnya, apakah mereka memang berhak menjual dan kalo yang menjual ISP apakah mereka tdk over capacities sehingga kita bisa menjamin kualitas internet yang kita berikan ke pelanggan.

semoga update ini memberikan pandangan baru.

salam
amar

Tidak ada komentar:

search

wealtyaffiliate