adv

Jumat, 01 Agustus 2008

BLUE OCEAN STRATEGY ( pencarian udara segar di SAMUDRA BIRU)

dalam perjalanan sebagai entrepreneur begitu banyak tantangan yg di hadapi untuk memenangkan persaingan. banyak sekali bisnis yg tutup karena salah strategi bisnis dan gagal nya menentukan posisi di persaingan pasar.
kecenderungan bersaing secara langsung di komponen yg sudah tradisional membuat pengusaha begitu rentan akan berkurangnya laba dan bahkan mengalami kerugian yg besar.
pemikiran tradisional di tentang produknya harus kompetitif di harga misalnya membuat pengusaha harus bertarung di lautan penuh darah ( red ocean). banyak sekali perusahaan ingin memenagkan persaingan dengan cara menurunkan harga, menambahkan layanan tambahan yg meningkatkan biaya operational tanpa menambah ke untungan. memberikan bonus lebih besar ke pada distributor, dll tanpa memberikan manfaat secara langsung kepada user tapi malah mengurangi keuntungan atau malah merugi.

ya ... mungkin ini akan menjadi jalur biasa bagi banyak pengusaha.
terus apa yg seharusnya di lakukan ??
beruntung saya satu tahun yang lalu menemukan sebuah buku yg luar bisa, yang memberikan inspirasi luar biasa bagi saya untuk survive dan tumbuh dalam bisnis penuh persaingan saat ini.
nama buku nya adalah
blue ocean stargety ( strategi samudra biru )
yup dari pada kita harus bersaing di komponen persaingan tradisional yg sudah di pahami bersama sehingga sampai berdarah2 ( red ocean) langkah yg paling tepat adalah menjauh dari persaingan tersebut dengan menciptakan ruang pasar baru yang belum terjamah , menciptakan permitaan baru dan peluang pertumbuhan yg sangat tinggi serta menguntungkan.
kita ciptakan samudra baru kita sendiri yang tanpa pesaing sehingga persaingan sebelum menjadi tidak relevan. dengan menggunakan strategi ini begitu banyak perusahaan menjadi begitu besar dan meninggalkan pesaing2 nya untuk bermain di level yg jauh lebih luas dan menguntungkan.
kita bisa sangat mudah melihat bagaimana ipod dari aple begitu sukses di pasaran dan nyaris tanpa pesaing, kita tahu bagaimana seorang anak mudah menjadi sangat kaya karena menjual kebab turki dengan cara yg berbeda.
pertanyaan nya adalah adakah cara atau rumusan sistematis yang memudahkan menemukan samudra biru bisnis kita sendiri2...
berdsarkan penelitian selama belasan tahun melihat perbagai macam perusahaan dengan pertumbuhan luar bisa karena mereka menemukan samudra biru nya, terdapat pola2 yg jelas dan dapat rumuskan.
bagaimana cara nya.... ( bersambung)

Tidak ada komentar:

search

wealtyaffiliate